PT. BERITA ISTANA NEGARA

Calon Wakil Gubernur 02 Bareng Calon Bupati Pasuruan 02 Blusukan Bareng ke Pasar Pandaan Kabupaten Pasuruan

Berita Istana - Jumat, 27 September 2024 06:41

Pasuruan-, Jum’at 27 September 2024. Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, bersama istrinya, Arumi Bachsin Emil Elistianto Dardak, melakukan kunjungan ke Pasar Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kunjungan tersebut juga didampingi oleh Calon Bupati Pasuruan, H. M Rusdi Sutejo, beserta istri.

Kunjungan ini dihadiri oleh Koalisi Partai Politik Pendukung Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan periode 2024-2029. Beberapa partai politik yang hadir antara lain:

1. PSI: Nadjib Martak (Ketua), Heru Prayoga (Sekretaris), dan anggota.

2. Partai Demokrat: M. Naufal Alghifary (Ketua) dan anggota.

3. PAN: Yana Fuad (Ketua), M Nizar Azmi (Sekretaris), dan anggota.

4. Partai Buruh: KSB beserta anggota.

5. Partai Perindo: Sekretaris dan anggota.

 

Setelah berkeliling dan menemui para pedagang di Pasar Pandaan, Emil Elestianto Dardak, yang akrab disapa Mas Emil, menyampaikan bahwa pasar tradisional perlu dioptimalkan agar tetap bisa bersaing di tengah gempuran jual-beli online, sesuai dengan harapan para pedagang di Pasar Pandaan.

“Saya blusukan ke pasar tradisional untuk menyerap suara masyarakat, mendengar, dan menerima aspirasi rakyat. Bagaimana kita bisa mengoptimalkan pasar tradisional di bawah gempuran pasar-pasar online? Jika berhasil dioptimalkan, para pedagang dapat naik kelas dan mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur jadi semakin baik dan sejahtera,” jelas Emil.

Terkait revitalisasi pasar tradisional ke depannya, Emil Dardak menambahkan bahwa penataan ulang dan perbaikan pasar tradisional perlu dilakukan agar pasar bisa lebih tertata dan tidak kumuh. Namun, ia menegaskan bahwa para pedagang tidak perlu khawatir akan penggusuran.

“Nantinya, akan kami lakukan pembenahan di pasar tradisional, tapi mereka tidak harus digusur. Kita akan menyelesaikannya dengan solusi yang baik, mencarikan tempat yang layak untuk mereka, karena mereka juga saudara kita yang sedang mencari rezeki untuk menghidupi keluarganya,” lanjutnya.

Calon Bupati Pasuruan, H. M Rusdi Sutejo, juga menyampaikan hal senada terkait penataan pasar tradisional agar lebih bersih, tertata, dan modern.

“Program kerja kami sejalan dengan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur untuk pembenahan pasar tradisional. Pasar tradisional harus direvitalisasi menjadi pasar tradisional modern sehingga para pedagang dan pembeli dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman. Selain itu, pasar harus mengadopsi sistem hybrid agar para pedagang tidak kalah dengan gempuran pasar online,” kata H. M Rusdi Sutejo.

Kegiatan blusukan ini ditutup dengan diskusi singkat antara Emil Dardak dan H. M Rusdi Sutejo bersama para pedagang pasar mengenai solusi yang bisa dilakukan agar pasar tradisional tetap menjadi pusat aktivitas ekonomi masyarakat.

(Ardhi-BIN)

 

Array

Berita Terkait

Komentar