PT. BERITA ISTANA NEGARA

Inilah Cara Gus Miftah Menikmati Secangkir Kopi Hitam

Berita Istana - Minggu, 22 Januari 2023 07:27
[Foto : Group Whatsapp Sedulur Gus Miftah]
[Foto : Group Whatsapp Sedulur Gus Miftah]

 

Inspirasi Menikmati Secangkir Kopi

Semarang – Minum kopi menjadi aktifitas yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, jenis kopi juga sangat beragam, salah satu yang cukup digemari adalah kopi hitam. Meski memiliki rasa pahit, minum kopi hitam memiliki sensasi dan kenikmatan tersendiri.

Beberapa orang barangkali tidak akan melewatkan setiap paginya tanpa menikmati secangkir kopi hitam terlebih dahulu. Sementara yang lain biasanya hanya akan menikmati kopi di waktu-waktu tertentu, misalnya setelah makan siang untuk mencegah kantuk atau sebelum bekerja agar bisa lebih fokus.

Kebiasaan minum kopi ini tidak hanya berbeda-beda untuk setiap orang, tetapi di setiap negara. Selain kebiasaan, menu kopi yang diteguk pun bisa berbeda. Di Indonesia sendiri, menu kopi yang paling populer dan telah dikonsumsi sejak lama, yakni kopi hitam tubruk.

Ada apa dengan menu kopi hitam yang satu ini? Berikut ulasannya!

Pengertian Kopi Hitam
Pada dasarnya, kopi hitam dinikmati banyak orang di nusantara karena proses pembuatannya yang sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak waktu. Anda pun tidak memerlukan apa-apa selain air panas dan gula pasir. Hal ini pun menjadi alasan mengapa kopi hitam disebut dengan istilah tersebut. Beda lagi misalnya jika Anda menambahkan susu ke dalam secangkir kopi hitam.

Seperti yang diketahui, Indonesia punya beragam jenis kopi yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Keberadaan kopi hitam tubruk ini pada mulanya berasal dari daerah Jawa dan Bali. Dampak migrasi penduduk dan perkembangan zamanlah yang menjadikan kopi hitam yang diseduh secara biasa saja ini menjadi populer.

Apalagi setiap penikmat kopi tidak memerlukan beragam peralatan kopi dengan harga yang ternyata tidak murah. Di sisi lain, banyak orang yang memilih kopi hitam karena kopi jenis ini mampu menghasilkan karakter dan cita rasa asli dari satu jenis kopi.

Namun, siapa sangka bahwa pembuatan kopi hitam tubruk ini termasuk ke dalam salah satu metode pembuatan kopi? Namanya metode immersion yang dibuat dengan cara mencampurkan kopi dan air secara langsung di dalam cangkir. Kurang dari 4 menit, Anda pun sudah bisa langsung menikmati secangkir kopi hitam.

Cara Menikmati Kopi Hitam
Meskipun budaya minum kopi hitam di Indonesia telah ada sejak lama, hal ini bukan berarti setiap orang tahu menikmati secangkir hitam secara tepat. Popularitas kopi yang saat ini kian meningkat menjadikan banyak orang ingin mencoba kopi dimulai dari kopi hitam.

Pasalnya, kopi merupakan hal yang kompleks dan jika Anda ingin mengetahui cara minumnya, sebaiknya dimulai dengan kopi hitam. Dari sini kemudian Anda akan belajar untuk mencicipi menu lain, sehingga bisa mendapatkan kopi yang benar-benar sesuai selera dan preferensi.

Nah, jika Anda adalah seorang pemula di dunia kopi dan ingin merasakan nikmatnya kopi hitam, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

1- Temukan Jenis Biji Kopi yang Cocok

Untuk menikmati secangkir kopi hitam, Anda perlu tahu dulu bahwa ada dua jenis biji kopi yang populer di seluruh dunia, yakni arabika dan robusta. Jika disiapkan dengan benar, biji arabika mampu menghasilkan rasa nikmat dengan tingkat keasaman yang seimbang. Sementara biji robusta memiliki tingkat keasaman rendah, tekstur halus, serta rasa yang kuat.

2-Eksperimen dengan Tingkat Penggilingan Kopi

Langkah penting untuk menikmati kopi hitam untuk pemula adalah dengan memahami tingkat penggilingan kopi yang dibagi dua, yaitu kasar dan halus. Biji kopi yang digiling kasar membuat hasilnya lebih ringan dengan rasa asam yang terasa. Sebaliknya, jika digiling halus maka rasanya lebih padat, kuat, namun pahit.

3-Ubah Metode Seduh Kopi

Selain hal-hal tersebut di atas, metode penyeduhan yang digunakan ternyata bisa memengaruhi rasa secangkir kopi. Setiap metode seduh kopi akan mengekstrak rasa yang unik dan berbeda. Kunci secangkir kopi hitam yang nikmat pun, yaitu menemukan metode yang paling cocok.

4-Hindari Kopi yang Terlalu Panas

Banyak orang yang beranggapan bahwa kopi hitam akan lebih nikmat jika diminum saat panas. Faktanya, kopi yang terlalu panas justru berpotensi menghasilkan rasa pahit karena kafein yang baru saja melebur. Tunggu sekitar 3-4 menit sebelum menikmati secangkir kopi hitam secara perlahan agar rasanya nikmat.

 

Array

Berita Terkait

Komentar

Comments are closed.