PT. BERITA ISTANA NEGARA

Pungli Berkedok Sumbangan Sukarela, Disdikbud Pati Warning Seluruh SMP Negeri

Berita Istana - Sabtu, 7 Oktober 2023 05:58

PATI – Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, Jawa Tengah, Fauzin Futiarso warning seluruh sekolah SMP Negeri di kabupaten Pati.

Hal itu dilakukan lantaran banyak sekali informasi yang masuk terkait pungutan liar yang merajalela berkedok sumbangan sukarela.

“Jadi SMP Negeri itu tidak boleh atau menerima pungutan dalam bentuk apapun.” Kata Fauzin kepada wartawan belum lama ini

Meskipun begitu, menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016, Fauzin mengklaim pengurus komite diperbolehkan menerima sumbangan sukarela.

“Namanya sukarela ya sifatnya sukarela, jadi tidak boleh dipaksa, mau nyumbang banyak atau sedikit bahkan tidak menyumbang pun tidak apa-apa dan murid yang tidak menyumbang harus diperlakukan sama dengan murid yang lain.” Imbuhnya.

Menanggapi banyaknya informasi yang masuk terkait iuran berkedok sumbangan sukarela, Fauzin menegaskan Disdikbud Pati akan mengambil tindakan tegas.

“Kalau ada, tolong dicatat sekolahnya mana, nanti akan saya laporkan Bupati, kalau perlu diproses secara hukum.” Tegasnya

( yusuf )

Array

Berita Terkait

Komentar