PT. BERITA ISTANA NEGARA

Desa Sambirejo Sambut HUT RI, Tanggap Wayang Kulit Semalam Suntuk Lakon Kangso Adu Jogo

Berita Istana - Sabtu, 19 Agustus 2023 03:12

Ngawi –Bertempat di perapatan jalan Desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi,adakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dalam rangkaian acara tasyakuran bersih Desa dan menyongsong HUT RI ke 78 tahun 2023.

Adanya pagelaran wayang kulit di Desa Sambirejo dengan Tema Bersih Desa serta Sambut HUT RI ke 78, warga masyarakat sangat antusias berbondong bondong ingin menyaksikan wayang kulit itu sejak sore hari.

Kepala Desa Sambirejo,Sumarno menyampaikan bahwa kita mengadakan pagelaran wayang semalam suntuk dengan dalang Ki Joko Sinden dari Sragen dengan lakon Kangso Adu Jago.

Sumarno,membeberkan,Kangsa Adu Jago merupakan salah satu lakon carangan yang bermutu yang mengandung nilai dan bermakna simbolis. Adu Jago mewakili suatu tindakan simbolis karakter generasi tua melawan generasi muda. Disebabkan oleh simbolis yang kurang adil, bijaksana, terjadilah keteledoran penguasa Mandura yaitu Basudewa, tuturnya.

Terpisah tokoh masyarakat setempat Prapto, mengaku terharu acara ini di laksanakan atas kerjasama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh karang taruna, dengan kebersamaan masyarakat. Dan juga dengan semangat pemerintah desa lembaga desa serta seluruh masyarakat menyambut hari kemerdekaan serta bersi desa ini. Sehingga bisa menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk.

Lebih lanjut Prapto menjelaskan “Masyarakat di sini sejatinya memiliki beragam latar belakang, mulai dari pekerjaan, dan suku ras yang berbeda-beda. Namun, bisa guyub nyengkuyung menciptakan keharmonisan di lingkungan nya masing-masing. Saya sangat terharu untuk hal ini,” terangnya.

“Ini terselenggara juga tak bisa luput dari dukungan warga masyarakat”

Prapto pun berharap ke depan acara yang rutin digelar tiap tahun seperti ini bisa lebih meriah. Dan pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja sama dan masyarakat. Semoga bisa menjadi ajang silaturahmi dan menjaga kerukunan atar sesama khususnya warga Desa Sambirejo dan sekitarnya yang ada di Kecamatan Mantingan ini.(Red ; JK/HL).

Berita Terkait

Komentar