PT. BERITA ISTANA NEGARA

Jokowi dan Gibran Ajak Jan Ethes ke Candi Borobudur

Berita Istana - Sabtu, 25 Mei 2024 05:38

Magelang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak dua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, liburan ke Candi Borobudur. Selain kedua cucunya, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka, dan menantu Selvi Ananda. Rombongan tiba di Candi Borobudur pada pukul 10.00 WIB, Sabtu (25/5/2024).

Mereka memasuki candi melalui pintu 7 dan naik ke candi melalui pos Kenari. Saat berada di pelataran candi, Jokowi bersama Jan Ethes dan La Lembah Manah sempat berfoto dengan wisatawan. Mereka mengenakan sandal upanat dan kemudian naik ke candi melalui pintu barat.

Jokowi berhenti di tingkat tiga, sementara Gibran, Selvi, Jan Ethes, dan La Lembah Manah melanjutkan hingga ke puncak candi. Mereka dipandu oleh Hari Setyawan dari Museum dan Cagar Budaya (MCB) Warisan Dunia Borobudur.

Setelah sekitar setengah jam di candi, Jokowi turun lebih dulu, disusul Gibran dan keluarganya. Ibu Negara Iriana Jokowi menunggu di pelataran candi. Jokowi sempat membagikan kaus kepada wisatawan sebelum meninggalkan candi sekitar pukul 11.00 WIB.

Selama kunjungan, banyak wisatawan lokal dan mancanegara berebut foto bersama Jokowi dan Gibran. Saat diminta wawancara, Gibran meminta wartawan untuk bertanya langsung kepada Jokowi.

Berikut penuturan Hari Setyawan saat memandu rombongan keluarga Jokowi naik ke bangunan Candi Borobudur:

“Yang naik (candi) Presiden Jokowi, Pak Gibran, Bu Selvi, Mas Jan Ethes, Mbak La Lembah Manah, dan satu lagi namanya Mas Arsen, putera Stafsus Istana Jogja,” kata Hari.

“Presiden Jokowi naik dari sisi barat, kemudian berjalan ke arah timur. Setelah putaran, beliau berhenti. Karena Mas Ethes senang dan masih penasaran, beliau (Jokowi) bilang ‘kalau mau naik sama Pak Hari’. Kemudian saya mengantarkan Pak Gibran dan keluarga sampai naik di stupa lantai 9, turun lagi ke arah timur,” tambahnya.(Arw)

Array

Berita Terkait

Komentar