PT. BERITA ISTANA NEGARA

Bahaya !!! PSK Pengguna MiChat di Bandungan Rawan Penyakit

Berita Istana - Selasa, 14 Maret 2023 03:35

Semarang – Bandungan, udara sejuk dan lereng Gunung Ungaran menjadi lokasi wisata andalan bagi warga kota yang ingin mencari sensasi sejuk dan dingin. Di balik itu, kawasan wisata Bandungan juga dikenal sebagai kawasan yang menyediakan bisnis esek-esek atau prostitusi di Kabupaten Semarang.

Bisnis itu memang tidak digelar secara terang-terangan. Namun, di kawasan itu berdiri tempat-tempat hiburan malam, seperti karaoke maupun diskotik, berikut tempat-tempat penginapan. Di tempat-tempat hiburan malam inilah transaksi bisnis esek-esek itu kerap terjadi.

Menurut pengakuan salah satu warga Wonosobo, yang enggan disebut namanya, di kawasan Bandungan, memang biasa digelar bisnis esek-esek. Bahkan, transaksi bisnis esek-esek itu juga kerap terjadi di luar tempat-tempat hiburan malam.

“Setahu saya kalau transaksi esek-esek menggunakan aplikasi MiChat biayanya jauh lebih murah, berkisar antara Rp150.000-Rp250.000. Tapi, kalau di tempat hiburan malam, biasanya jauh lebih mahal karena transaksi dilakukan dengan salah seorang PK [pemandu karaoke] yang bisa diajak begituan [bercinta],” tutur AG kepada Istananegara.co.id belum lama ini.(14/3/2023).

MiChat sering disebut di berbagai kasus prostitusi online. Platform chatting asal Singapura itu kerap digunakan lantaran dinilai lebih ‘aman’ dan ‘mudah’ digunakan untuk open BO (Booking Online).

Meski begitu, website resmi MiChat menyebut mereka merupakan aplikasi komunikasi untuk menghubungkan keluarga dan teman. Mereka bahkan mengklaim platformnya bukan tempat prostitusi. Segala pelanggaran pun akan ditindak secara tegas.

MiChat sendiri sudah terdaftar dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Kominfo. Platform yang sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di PlayStore itu sudah terdaftar dengan nomor registrasi 003957.01/DJAI.PSE/07/2022 pada 11 Juli 2022 lalu.

Sempat heboh dengan kasus oknum polisi berinisial FNS (22) yang tewas ditusuk oleh seorang PSK, diduga karena membatalkan transaksinya via Michat dengan PSK tersebut.

Kini terungkap Indonesia ternyata jadi negara dengan pengguna MiChat terbanyak di dunia.

Indonesia sendiri menempati peringkat teratas sebagai negara dengan jumlah pengguna MiChat terbanyak, yakni 83,37%. Dan sebanyak 37,45% penggunanya berkisar di usia 18-24 tahun.

Rupanya MiChat sering disebut di berbagai kasus prostitusi online, karena dinilai lebih aman dan mudah digunakan untuk open BO (Booking Online).

Seperti yang diketahui, bahaya dari seringnya melakukan hubungan seksual dengan Pekerja Seks Komersial (PSK) atau berganti-ganti pasangan, adalah tertular Penyakit Menular Seksual (PMS).

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual sendiri antara lain:

•HIV/AIDS
Virus paling mematikan ini, sering kali disebabkan oleh seks bebas, begitupun dengan hubungan seks dengan PSK.

Virus HIV pada dasarnya menyerang sistem kekebalan tubuh, ketika sudah berkembang menjadi parah, virus ini akan berubah menjadi AIDS.

Human Papillomavirus (HPV) atau kutil kelamin Infeksi HPV dapat dilihat melalui munculnya kutil di kulit. Pada kasus PMS, kutil ini akan muncul di bagian kelamin. Infeksi HPV pada kelamin wanita berisiko menyebabkan kanker leher rahim atau kanker serviks.

Sifilis atau raja singa
Gejala sifilis atau raja singa biasanya berupa luka bulat kecil yang nantinya bisa menyebar hingga alat kelamin, anus, atau mulut. Meski penderita tidak akan terlalu merasa kesakitan, tapi sifilis sangat menular.

Bila makin parah, penyakit ini akan menyebabkan ruam, berat badan turun, demam, rasa lelah, nyeri sendi, dan rambut rontok.

Jika dibiarkan dan tidak diobati, stadium akhir penderita sifilis akan kehilangan pandangan, kehilangan pendengaran, kehilangan ingatan, hingga kematian.

•Gonore
Gejala gonore pada wanita antara lain keputihan berwarna kuning atau kehijauan, nyeri perut pada panggul bawah, pendarahan di luar menstruasi.

Gejala lainnya adalah mata gatal dan merah, atau pembengkakan pada kelenjar di tenggorokan akibat dari oral seks.

Sedangkan pada pria biasanya membuat nyeri testis, munculnya cairan putih pada penis, atau rasa terbakar saat buang air kecil.

Penyakit Menular Seksual tentu saja bukanlah penyakit ringan yang mudah disembuhkan. Tidak sedikit penderita PMS yang meninggal dunia akibat penyakit tersebut, terutama HIV/AIDS.

Untuk itu baiknya kita menghindari hubungan seks berganti-ganti pasangan dan ‘jajan’, demi menghindari tertularnya penyakit tersebut.(Tim)

 

Berita Terkait

Komentar