PT. BERITA ISTANA NEGARA

Karnaval Seni dan Budaya Meriahkan HUT RI ke-78 di Mantingan Ngawi

Berita Istana - Kamis, 24 Agustus 2023 09:40

Ngawi – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-78, warga Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi Jawa Timur menggelar Karnaval Seni dan Budaya. Ratusan warga dengan berbagai usia, tua muda dan anak-anak tumpah ruah memadati Jalan raya Ngawi dengan berbagai atribut mulai dari pakaian adat jawa, merak sampai yang bergaya seperti siluman.

Diawali pengibaran bendera start oleh Danramil Mantingan Kapten Inf Amin Sutikno dan pembawa bendera anak-anak sekolah serta para peserta karnaval berjalan menyusuri Jalan raya Ngawi , dengan disaksikan ribuan warga yang memadati pinggir jalan. Para peserta juga mengarak berbagai macam.

Karnaval ini selain untuk memperingati HUT RI dan menghargai keberagaman di Indonesia juga sebagai bukti persatuan warga. Diharapkan rasa kesatuan dan persatuan ini bisa ditingkatkan agar rakyat tidak mudah dipecah belah.

Karnaval kreatif ini merupakan salah satu acara pada tingkat Kecamatan (Pejagalan Fair) yang digelar tiap tahun guna peringatan HUT RI.(Kamis 24 Agustus 2023).

 

Sementara itu Camat Mantingan Muhammad Davit Mukti Aji, S.STP., M.Hum kepada wartawan Istana Negara mengatakan kegiatan tersebut merupakan hal yang baik untuk dilaksanakan dalam memeriahkan kemerdekaan Indonesia, semua pihak terlibat dan saling bahu membahu untuk mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif, dalam acara ini hadir Muspika Mantingan dan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono., ST., MH.

“Kegiatan ini kita adakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari kemerdekaan RI ke 78. Ini merupakan momen yang dinantikan seluruh rakyat Indonesia, kemerdekaan harus diisi dengan berbagai hal yang positif,” katanya.

Ia menjelaskan, masyarakat sangat antusias menyambut hari kemerdekaan, hal tersebut merupakan upaya menghormati para pejuang yang telah gugur di medan perang demi kemerdekaan bangsa ini, tentu saja seperti masyarakat lainnya, masyarakat Mantingan juga mengadakan berbagai macam perlombaan yang menarik, sekaligus memberikan edukasi bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan perlombaan yang memiliki spirit perjuangan.

“Tentunya kita memberi hiburan kepada seluruh masyarakat dengan mengadakan bermacam macam perlombaan dan juga Karnaval khusus untuk pelajar dan masyarakat sebagai upaya mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang,” ujarnya.

“Kami mengajak semua masyarakat untuk dapat hadir langsung memberi semangat dan dukungan kepada anak-anak kita” pungkasnya.(Red; HL/JK).

Berita Terkait

Komentar