PT. BERITA ISTANA NEGARA

Ratusan Warga Mendatangi Lokasi Tambang Ilegal di Desa Serut Kabupaten Gunung Kidul

Berita Istana - Kamis, 28 September 2023 07:38

Gunungkidul – Ratusan warga mendatangi lokasi tambang galian C di Dusun Rejosari, Desa Serut, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Kamis (28 September2023) siang tadi. Kedatangan mereka untuk menuntut agar tambang tersebut ditutup lantaran diduga ilegal.

Massa yang mayoritas Bapak-bapak ini merupakan gabungan dari Paguyuban Masyarakat (aktifis lingkungan)

Dalam aksinya, massa berorasi meminta agar aktivitas pertambangan dihentikan. Tidak hanya itu, massa juga meminta alat berat yang ada di lokasi tambang segera dikeluarkan.

Sementara itu, Agus Selaku Koordinator aktifis lingkungan, mengatakan aksi ini dilakukan menyikapi aduan warga terkait kerusakan lingkungan di Dusun Rejosari.

 

“Tambang galian C ini diketahui milik PT Anugrah Mega Persada, Agus menegaskan bahwa PT. Anugrah Mega Persada pernah mendapatkan peringatan sangsi administrasi yang di keluarkan tanggal 9-2-2023 dari ESDM Provinsi Yogyakarta namun di abaikan.

Lebih lanjut Agus menegaskan warga terdampak melakukan penutupan area pintu masuk tambang, namun selang beberapa hari di buka kembali oleh salah satu oknum perangkat desa Serut, Gunung Kidul.

Rencana tanggal 2 Oktober 2023 sejumlah 200 orang yang terdiri dari warga Ngorean ,Soko , Bumeten (Klaten Jawa Tengah ) dan Warga Rejosari, Serut, ( Gunung Kidul , Yogyakarta) akan melakukan aksi damai di lokasi tambang untuk meminta galian C PT. Anugrah Mega Persada di hentikan.

DN/SG

Array

Berita Terkait

Komentar