PT. BERITA ISTANA NEGARA

Bupati Batu Bara Renovasi Rumah Warga yang Roboh

Berita Istana - Minggu, 26 Maret 2023 03:59

Istana Negara – Satu unit rumah warga di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, roboh tertimpa pohon kelapa. Mendapat informasi tersebut, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., bersama Ketua DPRD Batu Bara M. Safi’i langsung mengunjungi pemilik rumah sekaligus memberikan bantuan, Sabtu (25/03/2023).

Peristiwa naas yang merobohkan rumah Fitrawati terjadi pada Jumat (24/03/2023) siang kemarin. Peristiwa berawal dari angin kencang yang bertiup di Dusun VI Desa Lubuk Cuik sehingga menumbangkan sebatang pohon kelapa dan menimpa rumah Fitrawati.

Fitrawati yang selama ini tinggal sendirian di rumahnya tak menyangka pohon kelapa yang tumbang tersebut merobohkan rumahnya hingga hancur tak bersisa.

Pemkab Batu Bara dan pemerintah desa bersama warga pun bergotong royong untuk membersihkan puing-puing rumah serta mendirikan tenda sementara.

Saat menemui Fitrawati, Bupati Zahir pun langsung memanggil Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup serta Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana untuk membantu merenovasi rumah Fitrawati menjadi layak huni serta menyediakan toilet yang bersih dan layak pakai.

Bupati Zahir mengatakan perbaikan rumah Fitrawati menjadi tanggungjawab Pemkab dan diusahakan akan rampung sebelum Hari Raya Idul Fitri agar korban dapat tinggal dengan nyaman menyambut Lebaran nanti.

“Kami atas nama pemerintah turut merasa prihatin atas musibah ini, oleh sebab itu hari ini kita sedang menghitung kira-kira berapa kebutuhan agar ini bisa layak untuk dihuni kembali, pemerintah bertanggungjawab untuk itu, dan mudah-mudahan ini bisa selesai sebelum Lebaran,” ungkap Bupati Zahir.

Selanjutnya Bupati Zahir menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Fitrawati untuk memenuhi kebutuhannya selama tinggal di pengungsian. (Az)

Berita Terkait

Komentar