PT. BERITA ISTANA NEGARA

Elektabilitas Prabowo Tangguh Diposisi Atas Kalahkan Ganjar dan Anies Versi Survei ISC

Berita Istana - Jumat, 6 Oktober 2023 05:32

Elektabilitas Prabowo Tangguh Diposisi Atas Kalahkan Ganjar dan Anies Versi Survei ISC

Jakarta – Indonesia Survei Center (ISC) merilis hasil survei terbaru yang menyatakan elektabilitas bakal calon presiden Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Prabowo mendapat 42,3 persen, Ganjar Pranowo 33,1 persen dan Anies Baswedan 20,4 persen. Lalu yang tidak menjawab 4,2 persen,” kata peneliti ISC Chairul Pane saat pemaparan hasil survei secara daring di Jakarta, Rabu.(4/10/2023).

Dia menjelaskan angka elektabilitas itu didapatkan dengan pertanyaan “jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapa calon presiden yang akan dipilih dengan simulasi tiga pasang calon?”

ISC juga melakukan simulasi head to head, yakni jika pemilihan presiden hanya dihadapkan dua pasangan calon, siapa yang paling unggul.

Berdasarkan jawaban responden, ketika Prabowo dihadapkan dengan Ganjar, hasilnya menang Prabowo dengan skor 51,4 persen berbanding 39,2 persen.

Sementara ketika Prabowo dihadapkan dengan Anies Baswedan, skor Prabowo juga lebih unggul, yakni 55 persen berbanding 35,1 persen.

“Prabowo masih berada di puncak elektabilitas untuk simulasi tiga capres dan simulasi head to head, baik dengan Ganjar ataupun Anies,” ujarnya.

Selain itu, kata Chairul, ISC juga mengukur pemilih dari latar belakang kelompok organisasi kemasyarakatan. Sebanyak lima kategori yang disodorkan, yakni Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Salafiyah, bukan ormas Islam dan yang tidak bersedia menjawab.

Dari data yang disajikan ISC, mayoritas masyarakat yang berlatar belakang NU cenderung memilih Prabowo Subianto dengan persentase 36,3 persen. Sementara yang memilih Ganjar sebesar 32,8 persen dan yang memilih Anies 26,8 persen.

Begitu juga bagi mereka yang mengafiliasikan dengan ormas Muhammadiyah, mereka cenderung memilih Prabowo Subianto dengan skor 34,4 persen. Lalu yang mendukung Ganjar 24,3 persen, sementara yang memilih Anies 33,1 persen.

Bagi mereka yang mengklaim sebagai kelompok salafi, cenderung total memilih Anies Baswedan dengan persentase 100 persen.

“Pemilih yang mengaku warga NU cenderung lebih besar ke Prabowo dibanding Ganjar dan Anies. Dan pemilih yang mengidentifikasi dirinya Muhammadiyah juga cenderung lebih besar ke Prabowo dibanding Anies dan Ganjar,” jelas Chairul.

Survei ISC ini dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden yang tersebar pada 34 provinsi dalam kurun waktu 17 hingga 27 September 2023. Metodologi yang digunakan adalah multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,83 persen.(*) Istana Negara

Berita Terkait

Komentar