PT. BERITA ISTANA NEGARA

Giat Desa Widodaren Bangun Gapura di Dusun Kedungprahu

Berita Istana - Selasa, 4 Juli 2023 06:06

Ngawi– Seperti desa yang lain sibuk melaksanakan pembangunan di segala bidang terutama sarana – prasarana jalan dan penunjang lainya, seperti talud, irigasi, bedah rumah tidak layak huni, dan juga tempat wisata, desa satu ini juga tidak mau kalah dengan desa lainya, terpantau progresnya baik dan maju.

Adalah desa Widodaren Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi jawa- timur, yang secara geografis terletak kurang lebih 40 Km arah barat dari pusat kota Kabupaten, yang dipimpin oleh seorang kepala desa atau Kades bernama Woko Suprianto yang berlatar belakang seorang pengusaha,(Selasa 4 Juli 2023).

 

Wilayah ini sebagian besar penduduknya menyandarkan kehidupannya pada sektor pertanian sawah atau bertanam padi, walau ada juga sebagian yang menjadi pelaku usaha kelontong dan lain sebagainya.

Pada tahun 2023 ini ada beberapa titik pembangunan yang dilaksanakan, seperti pembangunan dua buah gapura yang terletak di RW 01 dusun Kedungprahu dengan angggaran 50 juta Rupiah per buah gapura dengan total 100 juta.

“Dana tersebut bersumber dari BK sarpras tahun 2023, jadi tidak benar kalau ada rumor dana dimasukan dana desa atau DD, “jelas kades Woko pada awak media Istana Negara ketika konfirmasi di lokasi proyek.

Kades yang mempunyai beberapa usaha mesin perontok padi atau combi ini juga mengatakan kalau pelaksananya adalah tim TPK desa, dan tidak membenarkan kalau proyek gapura tersebut pelaksananya adalah BPD atau Badan permusyawaratan desa, persis apa yang diomongkan beberapa tenaga pekerja ketika wartawan menanyainya, ” untuk pelaksanaan Bu Kasun atau kepala dusun yang juga sebagai TPK, ” ujar mereka kompak.

Memang sesuai hasil pantauan , di lokasi proyek juga ada papan transparansi yang diantaranya menerangkan sumber dana, besar biaya, pelaksana, dan volume yang tertera per unitnya 2x ( 1.20 x6.50 ), ” kan jalanya sudah dipaving ini, biar tampak indah sesuai hasil musyawarah dan permintaan tokoh masyarakat situ, maka dana BK dibuat untuk membangun gapura yang saat ini sedang dikerjakan itu, ” ujar kades yang selalu ramah ini,Selasa 6/6/2023. ( Budi )

Berita Terkait

Komentar