PT. BERITA ISTANA NEGARA

Halal Bihalal 1445 H Salam Jagad Raya: Temu Kangen Merajut Persaudaraan, Memupuk Kebersamaan

Berita Istana - Rabu, 17 April 2024 09:32

Depok (17/04/2024) – Acara temu kangen “Salam Jagad Raya” dipimpin oleh Nyi Roro Balqis alias Bunda Karmila menyelenggarakan Halal Bihalal untuk ketiga kalinya dengan tema “Merajut Persaudaraan, Memupuk Kebersamaan”. Acara ini dihadiri oleh berbagai Padepokan dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Depok & Bogor, antara lain Ormas LMP, PPIR, Garda Siliwangi, BAI, Padepokan Muktadimah Nusantara, Gerak Murni 13, Silat Gerak Rasa, Kekeluargaan, dan Yayasan Insan Ainul Yaqin.

Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh H. Alvin Wijaya, Ketua Yayasan Insan Ainul Yaqin, yang kemudian dilanjutkan dengan doa adat Jawa yang dipimpin oleh Romo Pangestu, melambangkan semangat kebersamaan dalam memperkuat nilai-nilai budaya di masyarakat.

Dalam suasana saling mengenal satu sama lain, peserta juga berpendapat tentang kondisi kebudayaan saat ini yang dinilai kurang mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga banyak seniman dan budayawan hidup pas-pasan. Denny S, Ketua Garda Siliwangi kota Depok, mengusulkan pembentukan satgas kebudayaan yang mirip dengan pecalang di Bali, untuk menjaga tempat-tempat wisata dan situs-situs budaya, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi penggiat budaya.

Romo menambahkan, “Jika pelaku budaya dapat bekerjasama, tentunya mereka dapat berkontribusi maksimal untuk perkembangan budaya, baik itu dalam seni maupun pelestarian situs-situs bersejarah.” Acara ditutup dengan harapan semangat kebersamaan ini dapat terus ditingkatkan untuk kemajuan budaya di masyarakat. (Biro.H.alvin TBI)

Array

Berita Terkait

Komentar