PT. BERITA ISTANA NEGARA

Inspektur Inspektorat Daerah Provinsi Riau Hindari Gratifikasi di Dunia Usaha

Berita Istana - Kamis, 1 Juni 2023 10:35

 

Riau – Untuk mencegah terjadi korupsi di Daerah Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Riau melalui Inspektorat Daerah menginisiasi pencegahan antikorupsi dengan menggandeng Forum Penyuluh Antikorupsi Riau (FORPAK Riau).

Pencegahan Antikorupsi ini di lakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau bagi kalangan Dunia Usaha dan Direksi BUMD di Provinsi Riau.

Acara tersebut di hadiri dari berbagai kalangan dunia usaha dari pengurus dan anggota yang tergabung dalam Komite Advokasi Daerah (KAD) Provinsi Riau.

Acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F Harianto yang mewakili Gubernur Riau, dilaksanakan di Kantor gubernur ruang melati lantai Tiga Rabu 3/05/2023.

Dalam sambutan, S.F Harianto menyampaikan perlu adanya penekanan pencegahan antikorupsi bagi kalangan dunia usaha yang banyak bersentuhan dengan penyelenggara negara.

Komite Advokasi yang telah dibentuk berdasarkan SK Gubernur no kpts.220/II/2023 tgl 22 Februari 2023 adalah sebagai wadah dialog antara pemerintah dan pelaku usaha dalam bentuk dialog Publik-Privat dan membahas isu strategis yang terkait dengan upaya pencegahan korupsi.

Pencegahan korupsi dapat dilakukan secara simultan dan komprehensif melalui pendekatan kolaboratif partisipatif.

Disamping itu juga disampaikan bahwa tugas komite Advokasi adalah disamping membahas isu strategis juga membahas kendala- kendala proses bisnis dalam rangka mewujudkan bisnis berintegritas, sosialisasi regulasi terkait pelayanan publik, dan memberikan solusi atau rekomendasi terkait pencegahan korupsi. Inspektur Provinsi Riau

Sigit juli Hendriawan Inspektorat Propinsi Riau dalam paparannya, juga menyampaikan bahwa gratifikasi dan suap sangat rentan dalam dunia usaha yang sangat erat keterkaitannya dengan penyelenggara negara. Oleh karena itu, perlu adanya mitigasi risiko untuk menghindari sentuhan secara langsung atau tatap muka dalam pelayanan publik melalui digitalisasi.

Maka untuk itu agar semua dunia usaha menghindari hal itu guna supaya tidak terjerat dalam Hukum. Reed.

Dan selanjut di masuk dalam acara pokok yang dilanjutkan dengan paparan sosialisasi Pencegahan Korupsi oleh Forum Penyuluh Antikorupsi (FORPKA) Riau.

Dalam sesi pertama dimulai oleh Drs. Eduar selaku Ketua FORPAK Riau, dengan memberikan pemaparan dan menguraikan dengan gamblang serta mudah dimengerti mengenai Apa itu Korupsi, sekilas tentang KPK RI, dan Integritas maupun peran serta masyarakat dalam pemberantasan Korupsi.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Bobson Samsir SIMBOLON, S.H menjelaskan tentang Delik-delik Tindak Pidana Korupsi, Karakteristik Gratifikasi dan Suap, dan Subjek dalam Pidana Gratifikasi maupun Suap.

Sesi ketiga sebagai sesi penutup diambil alih oleh Arsiton Turnip, S.H yang menjelaskan tentang Perilaku Antikorupsi oleh ASN dan Penyelenggara Negara, jenis-jenis Gratifikasi dan tata cara pelaporannya, dan saluran pelaporan Tindak Pidana Korupsi.

Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Korupsi tersebut berjalan dengan baik, para peserta yang merupakan pelaku Usaha Swasta dan BUMD mencermati dengan seksama.

Hal tersebut menunjukan ketertarikan para pelaku usaha untuk ikut terlibat dalam gerakan pencegahan Korupsi di Dunia Usaha Propinsi Riau.

Inspektorat Daerah Provinsi Riau akan terus bergandengan dengan FORPAK Riau dalam mengadakan penguatan dan sosialisasi pencegahan Korupsi di Propinsi Riau, bukan hanya dalam Dunia Usaha, tetapi dalam setiap sendi-sendi dan elemen Pemerintah Propinsi Riau, terlebih lagi akan menggalakkan dan menumbuhkan kesadaran Masyarakat untuk berperan serta dalam pencegahan maupun pemberantasan Korupsi di Prov. Riau.

Aksi dan Kegiatan serupa akan dilakukan rutin di setiap minggu dengan kelompok sasaran yang beragam, baik ASN, pelajar, mahasiswa, dan kelompok Masyarakat lainnya.

Hal ini sebagai wujud komitmen Pemerintah Propinsi Riau dalam gerakan pencegahan Korupsi, dan dalam waktu dekat juga akan dibentuk Puan Antikorupsi Riau yang diinisiasi oleh FORPAK Riau.
(Firman Gea)

Array

Berita Terkait

Komentar