PT. BERITA ISTANA NEGARA

Kodim 0736/Batang Siap Sukseskan Optimasi Lahan Dan Pompanisasi/Pipanisasi

Berita Istana - Senin, 13 Mei 2024 09:12

Batang – Kodim 0736/Batang, bekerja sama dengan Dispaperta (Dinas Pangan dan Pertanian) setempat, tengah melaksanakan Perluasan Area Tanam (PAT) dengan total luas mencapai 1.414 hektar yang tersebar di 15 kecamatan. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap terus berkurangnya lahan pertanian yang menjadi masalah hingga bulan Juni mendatang.

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman, menjelaskan bahwa hingga saat ini, luas lahan yang berhasil dioptimasi mencapai 666 hektar atau sekitar 47 persen dari target. “Salah satu lahan yang menjadi fokus di Desa Sawahjoho, Warungasem, dengan luas 5 hektar. Hari ini, kami telah berhasil mengoptimasi 1 hektar lahan, dan kegiatan ini akan terus berlanjut hingga mencapai target yang ditetapkan,” ungkapnya ketika ditemui di lokasi, Senin (13/5/2024).

Kegiatan serupa akan dilakukan secara berkelanjutan di berbagai desa yang tersebar di 15 kecamatan, dengan tujuan membantu petani dalam menggarap sawah. Harapannya, target perluasan area tanam dapat terpenuhi hingga akhir Juni mendatang.

Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Warungasem, Hikmah Fitriyani, menjelaskan bahwa di area lahan Desa Sawahjoho, fokus utamanya adalah pada tanaman padi dan jagung. “Mayoritas lahan di sini ditanami padi dan jagung, terutama di Sawahjoho dan Kalibeluk,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyatukan visi dan komitmen dalam menjalankan kegiatan Perluasan Area Tanam padi serta pompanisasi/pipanisasi di lahan-lahan sawah tadah hujan, guna meningkatkan produksi pangan nasional. “Program ini menjadi jawaban atas tantangan cuaca yang kerap menghambat produksi padi,” tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan, Dispaperta akan memberikan bantuan berupa alat pompa guna mengoptimalkan sistem pengairan. “Ini sangat penting untuk membantu percepatan pengairan di musim tanam kedua,” pungkasnya.

(Pendim 0736/Hr)

Array

Berita Terkait

Komentar