PT. BERITA ISTANA NEGARA

Megawati Tunjuk Langsung Ahok Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 ; Cek Faktanya

Berita Istana - Sabtu, 10 Juni 2023 01:42

Djakarta – Megawati Soekarnoputri dikabarkan telah menunjuk langsung Basuki Tjahja Purnama alias Ahok untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Informasi tersebut disebarkan oleh akun TikTok NGOBA_IBU. Akun ini mengklaim Ahok telah ditunjuk Megawati Soekarnoputri menjadi calon wakil presiden untuk Ganjar Pranowo.

Bahkan mengatakan terpilihnya Ahok tersebut membuat doa masyarakat Indonesia jadi kenyataan.

“Nah Ahok Dipilih PDIP untuk Cawapres Ganjar Pranowo. Doa masyarakat Indonesia jadi kenyataan. Ahok siap maju di pilpres 2024,” tulis akun tersebut, dikutip pada Kamis, (8/6/2023).

Dalam tayangan TikTok itu, hanya ada satu foto Megawati Soekarnoputri sedang menggandeng Ahok. Kemudian diisi dengan suara pidato Megawati.

“Saya dengan mantap tanpa ragu-ragu memberikan tanda tangan saya sebagai rekomendasi bapak Basuki dan kalau pak Basuki terkenal dengan nama Ahok.”

“Banyak yang bertanya kepada saya mengapa kok ibu mau memutuskan, dengan segala pertimbangan yang matang untuk memilih kembali Pak Ahok,” begitu isi pidato Megawati.

Lantas benarkah kabar tersebut?

Setelah ditelusuri lebih detail, ternyata kabar bahwa Ahok dipilih Megawati Soekarnoputri menjadi calon wakil presiden Ganjar Pranowo tersebut menyesatkan.

Sebab, foto yang dipakai dan pidato Megawati Soekarnoputri itu sudah sejak tahun 2017. Pidato itu ketika Megawati menunjuk Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Sejauh ini PDIP sendiri belum mengumumkan nama siapapun sebagai bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Kesimpulan !! 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bila Megawati telah menunjuk langsung Ahok sebagai bakal calon wakil presiden adalah hoax.

Array

Berita Terkait

Komentar