PT. BERITA ISTANA NEGARA

Menyenangkan dan Penuh Kehangatan, Rutan Magetan Ikuti Pertemuan Rutin PIPAS Jatim

Berita Istana - Senin, 31 Juli 2023 12:59

MAGETAN – Berperan sebagai salah satu tuan rumah, Jumat Kemarin (28/7/2023) Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Jawa Timur menggelar Pertemuan Rutin yang kali ini diadakan di Magetan tepatnya di Grand HAP Kintamani Sarangan.

Dalam pertemuan kali ini, Ketua PIPAS Rutan Magetan Erlina Eries bersama anggotanya turut hadir dan membantu dalam mensukseskan acara tersebut. Selain itu, turut hadir pula Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari Penasihat PIPAS Jatim, Yeni Imam Jauhari, Kadiv Pemasyarakatan Teguh Wibowo bersama Ketua PIPAS Jatim Rahmanita Teguh didampingi Pimti Kanwil Jatim, dan seluruh Ibu-ibu PIPAS Jawa Timur.
Bertemakan “Wanita Hebat Membentuk Keluarga Smart dan Bermartabat”, Kegiatan pertemuan rutin kali ini di awali dengan Nyanyian Indonesia Raya dan Mars PIPAS yang dinyanyikan oleh Ibu-ibu PIPAS Lapas 1 Madiun.

Dalam kesempatannya, Rahmaniya Teguh selaku Ketua PIPAS menjelaskan apa maksud dari tema “Wanita Hebat Membentuk Keluarga Smart dan Bermartabat”. yang memiliki makna bahwa poin smart dalam tema ini adalah ibu yang pintar mengambil keputusan dan berperilaku baik kepada setiap anggota keluarga. Sedangkan bermartabat memiliki makna bahwa dalam keluarga seorang ibu harus bisa menjaga harga diri para anggota keluarga dan harus bisa menjadi tauladan dan contoh yang baik dalam bermasyarakat, mengingat para suami adalah seorang ASN.
Sementara itu Yenni Imam Jauhari juga memotivasi seluruh Ibu-ibu PIPAS untuk menjadikan momentum kali ini sebagai langkah awal untuk berubah dan memperbaiki diri. “Marilah kita jadikan momentum ini sebagai langkah awal untuk berubah, memperbaiki diri, dan membuktikan bahwa kita mampu memberikan kontribusi positif dalam pembinaan tata nilai dan kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat”, Jelas Penasihat PIPAS Jatim.

Di malam harinya, kegiatan dilanjutkan di Halaman HAP Kintamani Sarangan dengan kegiatan Malam Keakraban yang dirangkai dengan pelepasan Penasihat PIPAS Yenni Imam Jauhari. Meski dingin menyelimuti, Kegiatan tetap berlangsung menyenangkan dan penuh kehangatan. Selain itu, nuansa kental khas jawa tersaji dengan penampilan seluruh tamu undangan mengenakan pakaian adat lurik.

Dalam kegiatan ini Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menampilkan 2 Pentas Seni yaitu Ibu-ibu PIPAS yang menampilkan Tarian Jalak Lawu dan Pencak Silat yang ditampilkan oleh Petugas Rutan Magetan. Seluruhnya berhasil memukau dan berhasil menghibur para tamu yang hadir dalam acara malam keakraban.

Dalam sambutannya di Malam Keakraban tersebut, Kakanwil berpesan agar para pendamping suami harus mampu menjadi figur tauladan dan menjadi contoh yang baik bagi anggota keluarga lainnya. “Dibalik kesuksesan seorang Suami ada peran seorang Istri yang hebat di sampingnya”, selalu jadi support system yang positif bagi suami sehingga mampu meningkatkan kinerja dalam berkontribusi bagi kemajuan Organisasi”, Tutup Kakanwil.

Pada pagi hari (29/7/2023), kegiatan dilanjutkan dengan Senam pagi di Halaman HAP Kintamani Sarangan dan wisata jeep tour ke Mojosemi Forest Park. Seluruh Ibu-ibu PIPAS mulai dari sarangan hingga mojosemi diangkut menggunakan truk Secata Rindam V dan Kopasgat Lanud Iswahyudi.
Pada Penutupan acara yang dilaksanakan di Mojosemi Forest Park, Kakanwil Imam Jauhari menyampaikan apresiasi kinerja seluruh jajaran UPT se-Korwil Madiun serta Panitia yang terlibat yang berhasil menginisiasi dan menggelar perhelatan ini dengan baik. “Saya berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka, namun dalam kebersamaan ini, mari kita tingkatkan rasa kepedulian, empati, dan kebersamaan, sehingga kita dapat memberikan pengaruh positif bagi lingkungan di sekitar kita”, Pungkas Imam. (ik/hms)

Array

Berita Terkait

Komentar