PT. BERITA ISTANA NEGARA

Nggak Perlu Repot Antre, Kini Ada Layanan Fisioterapi ke Rumah di Puro Asri 2 Sragen 

Berita Istana - Senin, 14 Agustus 2023 01:04

Sragen – Teknologi digital yang semakin maju dimanfaatkan oleh industri kesehatan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, serta peningkatan mutu pelayanan, tidak terkecuali layanan fisioterapi.

Fisioterapi adalah tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit.

Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia dengan berbagai macam tujuan, mulai dari meredakan sakit punggung hingga persiapan olahraga dan persalinan.

Dahulu, fisioterapi hanya dianggap sebagai layanan kesehatan yang hanya bisa diakses dengan pergi ke rumah sakit.

Pasien harus menunggu dengan waktu antre yang cukup lama, terkadang sembari menahan rasa nyeri.

Keterbatasan waktu yang dimiliki serta perlunya anggota keluarga menemani ke rumah sakit juga seringkali menambah sulit pasien untuk mendapatkan layanan fisioterapi.

Melihat berbagai masalah tersebut, Hasnal Wenes, Aditya Said dan Ananda Farrel, menciptakan sebuah platform layanan fisioterapi home visit pertama di Indonesia bernama Fisiohome sebagai jawaban atas kebutuhan layanan fisioterapi yang lebih mudah diakses masyarakat.

Platform ini menawarkan jasa pelayanan spesialis fisioterapi ke rumah yang cepat dan mudah diakses, pasien cukup menghubungi melalui WhatsApp untuk berkonsultasi dan dan penjadwalan.

Treatment yang dapat dilakukan mulai dari pasca stroke, pasca operasi, gangguan otot dan tulang serta saraf, hingga permasalahan respirasi.

Dengan menghadirkan fisioterapis yang terampil dan berpengalaman, Fisiohome memberikan pelayanan dan perawatan fisioterapi yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Di samping itu, platform tersebut juga memberikan berbagai edukasi seputar fisioterapi di media sosial agar masyarakat dapat mengetahui pentingnya kesehatan fisik, bagaimana menjaganya serta mengembalikan fungsi tubuh kembali normal setelah sakit atau cedera.

Untuk lokasi bisa Klik dibawah ini;

BUKA SETIAP HARI PUKUL 15:30 WIB SAMPAI PUKUL 22:00

KLIK ALAMAT INI 

Kami hadir sebagai platform kesehatan di rumah Puro Asri 2 RT 46/00, Desa. Puro, Kecamatan. Karangmalang, Kabupaten Sragen Jawa Tengah,fisioterapi sejak tahun 2006 lalu yang memberikan solusi untuk berbagai permasalahan gerak dan fungsi tubuh. Keterbatasan waktu dan jarak kami harapkan kini tidak menjadi penghalang bagi pasien untuk mendapatkan layanan fisioterapi kapan saja dari rumah mereka dan tanpa antre, kata Parsini yang sudah berpengalaman 16 tahun ini,dia juga di RSUD Sragen.

Lanjut Parsini,Fisioterapi adalah tindakan rehabilitasi pada pasien pascacedera atau mengalami penyakit tertentu dengan tujuan meminimalisir keterbatasan fisik.

Prosedur fisioterapi dapat dilakukan pada pasien di semua rentang usia, pun tujuannya juga berbeda-beda tergantung kondisi pasien.

Fisioterapi umumnya dilakukan pada pasien yang kehilangan fungsi tubuhnya setelah mengalami suatu kondisi, seperti terapi penyakit stroke.

Lantas, apa saja manfaat fisioterapi bagi pasien yang menjalankan? Simak penjelasannya di bawah ini.

(Disclaimer : Artikel ini hanya menjabarkan fisioterapi secara general dan superfisial).

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah tindakan atau terapi rehabilitasi yang dilakukan pada pasien pasca mengalami kondisi tertentu, seperti penyakit atau cedera.

Pada dasarnya, fisioterapi dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi normal tubuh dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Terapi ini dapat membantu pasien meringankan rasa sakit dan kekakuan, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan kualitas hidup

Fisioterapi tidak hanya dilakukan dengan latihan fisik, tetapi juga berupa pemberian edukasi serta pengobatan.

Fisioterapi adalah prosedur yang biasanya dilakukan pada pasien dengan cedera sendi, osteoporosis, masalah punggung, sakit leher, sakit kepala, gangguan multiple sclerosis dan muskuloskeletal.

Manfaat Fisioterapi

Fisioterapi adalah terapi yang digunakan untuk mempertahankan kekuatan serta kelenturan otot dalam kondisi medis jangka panjang, seperti stroke, artritis, hingga cedera patah tulang.

Selain membantu pemulihan fisik, manfaat fisioterapi adalah mencegah risiko cedera yang berkelanjutan.

Baca Juga: Terapi Musik untuk Pemulihan Pasien Stroke.

Prosedur Pelaksanaan Fisioterapi

Prosedur pertama dalam fisioterapi adalah persiapan. Sebelum dimulai, dokter spesialis akan melakukan pemeriksaan pada kondisi kesehatan pasien.

Dengan begitu, dokter dapat menentukan metode apa yang paling sesuai dengan kebutuhan pasien. Dokter juga akan mendiskusikan terkait hasil akhir, risiko, hingga keuntungannya.

Saat hendak memulai proses fisioterapi, pasien disarankan memakai pakaian yang nyaman dan longgar supaya dokter lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan.

2. Pelaksanaan Fisioterapi

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan menentukan bagaimana pelaksanaan fisioterapi yang paling tepat bagi pasien.

Sesi pelaksanaan fisioterapi pada setiap pasien bisa saja berbeda, namun umumnya akan berlangsung selama 30-60 menit per sesi.

Beberapa pendekatan utama yang dilakukan dalam fisioterapi adalah sebagai berikut:

a. Terapi manual

Pelaksanaan terapi manual dilakukan menggunakan tangan fisioterapis tanpa peralatan, seperti memijat, membantu menggerakkan, hingga manipulasi tubuh yang terganggu.

Manfaat fisioterapi dengan terapi manual lainnya yaitu melancarkan aliran darah, meningkatkan kemampuan gerak tubuh, meringankan nyeri, serta memberikan relaksasi pada tubuh.

b. Edukasi dan saran

Pelaksanaan terapi manual dilakukan menggunakan tangan fisioterapis tanpa peralatan, seperti memijat, membantu menggerakkan, hingga manipulasi tubuh yang terganggu.

Manfaat fisioterapi dengan terapi manual lainnya yaitu melancarkan aliran darah, meningkatkan kemampuan gerak tubuh, meringankan nyeri, serta memberikan relaksasi pada tubuh.

b. Edukasi dan saran

Upaya fisioterapi dengan edukasi dan saran diberikan berupa pengenalan gaya hidup sehat, meliputi rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal.

Selain itu, fisioterapis juga akan memberikan saran dan penjelasan kepada pasien mengenai apa saja hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk menghindari cedera berkelanjutan.

c. Latihan fisik dan pergerakan.

Metode pendekatan ini memerlukan bantuan peralatan dalam pelaksanaannya, tak jarang juga dilakukan di dalam air (hidroterapi).

Pada sesi latihan pergerakan, pasien akan selalu didampingi oleh fisioterapis. Namun, terkadang pasien juga disarankan beberapa latihan yang dapat dilakukan di rumah.

Selain tiga pendekatan di atas, fisioterapi juga dapat menerapkan teknik lain untuk membantu pemulihan pasien.(Red ; Arw).

Berita Terkait

Komentar