PT. BERITA ISTANA NEGARA

Otoriter…! Kades Ngroto Angkat PJ Sekdes Gunakan Surat Keputusan, Memecat Cukup dengan Lisan

Berita Istana - Senin, 1 April 2024 02:59

GROBOGAN – Kontroversi muncul di Desa Ngroto, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ketika Kepala Desa Ngroto, Supardi, memecat Nur Kholipah (38), seorang Pejabat Juru Tulis Sekretaris Desa (PJ Sekdes), hanya dengan pengumuman lisan pada 20 Maret 2024.

Nur Kholipah sebelumnya ditunjuk oleh Kepala Desa Supardi melalui surat keputusan pada 28 Agustus 2023 untuk mengisi kekosongan kursi Sekdes. Namun, tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya, Nur Kholipah dipecat secara tiba-tiba dalam sebuah rapat yang seharusnya membahas masalah pajak.

“Keputusan tersebut diumumkan tanpa surat keputusan resmi, dan hal ini menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat,” ungkap Nur Kholipah pada hari Sabtu (30/03/2024).

Saat ini, kursi jabatan Sekdes telah diduduki oleh Fais Fahlevi tanpa pernah mengajukan permintaan pengembangan karir dari perangkat desa ke Sekretaris Desa sebelumnya.

Kepala Desa Supardi mempertahankan tindakannya sebagai hak prerogatifnya. Namun, banyak pihak menilai bahwa prosedur yang seharusnya diikuti dalam pemberhentian perangkat desa tidak terpenuhi. Proses yang seharusnya termasuk berkonsultasi dengan pihak kepala kecamatan dan menerbitkan surat rekomendasi.

Kontroversi ini memunculkan pertanyaan tentang batasan kekuasaan seorang kepala desa dan pentingnya menjalankan prosedur yang benar dalam pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa sesuai dengan hukum yang berlaku. (**)

Array

Berita Terkait

Komentar