PT. BERITA ISTANA NEGARA

P3S Gelar Webinar Bertajuk Berebut Suara Milenial Siapa yang Unggul

Berita Istana - Jumat, 24 November 2023 01:38

JAKARTA – Political Public and Policy Studies (P3S) menggelar webinar bertajuk ‘Berebut Suara Anak Muda Siapa yang Unggul?’, pada Kamis (23/11/2023).

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah mengatakan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling dikenal anak muda.“Millenial dan Gen Z lebih mengenali Prabowo Subianto dengan angka mencapai 56%,” katanya.

Menurutnya, Survei terbaru Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan Prabowo Subianto menjadi capres dengan elektabilitas tertinggi. Kemudian, disusul Anies Baswedan dan elektabilitas Ganjar Pranowo di urutan kedua.

Sebagai informasi, survei IPO awalnya dilakukan simulasi tiga capres. Hasilnya, Prabowo (37,5%) menjadi pilihan utama. Anies (32,7%) mengikuti di peringkat kedua, lalu Ganjar (28,3%) di peringkat ketiga.

Sementara ada 1,5% responden yang belum memilih. Sementara dalam simulasi tiga pasangan capres-cawapres, hasilnya tidak jauh berbeda. Pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming menjadi yang pertama (36,2%). Anies-Muhaimin Iskandar (34,1%) mengikuti diperingkat kedua dan Ganjar-Mahfud MD (27,1%) di peringkat ketiga.

“Ada beberapa generasi muda yang belum menentukan pilihan. Artinya akan banyak golput (golongan putih) dari kalangan generasi muda,” ujarnya.

Untuk itu, Dedi mengimbau kepada Komisi Pemilihan Umum untuk menyediakan fasilitas pemungutan suara yang fleksibel untuk generasi muda.

“Sehingga mereka yang merantau juga bisa memberikan suara,” ucapnya.

Apalagi menurutnya, antusiasme anak muda saat ini lebih besar dibandingkan pada pemilu tahun 2019 lalu.

“Pemilu sebelumnya mereka hanya riuh di medsos (Media Sosial),” imbuhnya.

Direktur P3S, Jerry Massie menilai tingginya antusiasme anak muda terhadap Prabowo Subianto dikarenakan saat ini Prabowo terkenal dengan Capres yang gemar bergurau. “Selain itu sekarang dia juga gemar tersenyum. Itu yang membuat daya tarik untuk kalangan muda,” katanya.

Jerry menyebut saat ini wilayah yang paling banyak menyumbang suara yakni Jawa Barat. Ditambah ada sosok Ridwan Kamil yang menurut Jerry akan menguntungkan kubu Prabowo-Gibran.

“Urutan kedua ada Jawa Timur. Nanti bisa kita lihat seberapa banyak millenial yang menyumbangkan suaranya,” ujarnya. Selain itu adanya Partai Amanat Nasional (PAN) di kubu Prabowo disebut Jerry juga menguntungkan, lantaran banyaknya artis yang bergabung di Partai yang diketuai Zulkifli Hasan tersebut.

Jerry menyoroti faktor Jokowi, Iriana, Gibran dan Kaesang bersama PSI dinilai mampu menambah kekuatan elektoral Prabowo yang hampir mencapai 40%. “Siapa pun presidennya, kita berharap Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya.

Berita Terkait

Komentar