PT. BERITA ISTANA NEGARA

Polres Sragen Melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Berita Istana - Kamis, 1 Juni 2023 08:58

Polres Sragen – Upacara peringatan hari lahir Pancasila, 1 Juni 2023 dilaksanakan di Polres Sragen.

Upacara tersebut sekaligus menyaksikan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dilaksanakan secara terpusat di Jakarta dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan di Mapolres Sragen, upacara digelar secara daring live streaming dipimpin Wakapolres Sragen Kompol Iskandarsyah diikuti seluruh PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Sragen.

Sebagai acara inti pelaksanaan  upacara peringatan hari lahir pancasila, Presiden dan seluruh peserta memberikan penghormatan kepada bendera merah putih, termasuk seluruh peserta dari jajaran mapolres Sragen dengan mengangkat tangan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama, juga melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila bersama-sama jajaran Forkopimda, bertempat di gedung olah raga ( GOR) Diponegoro Kabupaten Sragen, mulai pukul 07.00 WIB.

Seperti dikutip pada media tribunnews, dalam sambutan yang dibacakan presiden RI Joko Widodo berisi upacara ini untuk meneguhkan komitmen, lebih mendalami, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari sebuah proses yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir Soekarno.

Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para “Founding Father” kita. Para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita.

Presiden juga mengatakan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman.

Berbagai bangsa Etnis, bahasa lokal, adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka Tunggal Ika, Indonesia.

Upacara dilaksanakan lancar, ditutup dengan sesi foto bersama.
Vio Sari
(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait

Komentar