PT. BERITA ISTANA NEGARA

Ronny Sompie Apresiasi Siswa-Siswi SMA di Sulut Raih Prestasi Nasional dan Internasional

Berita Istana - Rabu, 17 Mei 2023 03:21

Manado – Tokoh Nasional asal Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol. (Purna), Dr Ronny Sompie SH, MH memberikan apresiasi luar biasa kepada para siswa dan siswi SMA dari Sulut yang telah mengharumkan nama daerah ini melalui prestasi akademik pada tahun 2023 ini.

Ronny Sompie yang adalah “Tou Minahasa” sangat bangga atas prestasi akademik yang ditorehkan oleh para siswa SMA di Sulut. Itu karena para siswa berhasil memboyong medali dari berbagai kompetisi tingkat nasional bahkan keikutsertaan pada hajatan sains internasional.

“Semangat dari para siswa SMA lainnya senantiasa bisa diikuti oleh adik-adiknya di SMP juga SD di Sulut. Mereka bisa mengikuti jejak kawan-kawan dan para senior yg telah berprestasi di level tingkat NASIONAL dan INTERNASIONAL di bidang pendidikan, ” ungkap Ronny Sompie yang juga Ketua Dewan Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua yang dulu menikmati pendidikan SD GMIM Sukur, SMP Negeri Airmadidi dan SMA Neg 7 Manado (dulu masih SMPP Neg 29 Manado).

“Saya sangat bangga atas torehan prestasi adik-adik kita para siswa SMA di Sulut di tahun 2023,” ucap mantan Kapolda Bali ini.

Dia berharap torehan prestasi ini juga akan nampak disaat mereka melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta juga di sekolah kedinasan di seluruh Indonesia.

Dia juga memberikan apresiasi kepada Ivana Virginia Timbong yang adalah siswi dari SMAN 1 Lirung di Kepulauan Talaud yang meraih Gold Medal National English and Science Olympic 2023.

“Ini sangat luar biasa karena dari Talaud, namun berprestasi yg hebat. Artinya, prestasi itu tidak ada batasnya, ketika yang bersangkutan bisa mewujudkannya secara nyata, ” tutur Ronny Sompie.

Lanjut mantan Dirjen Imigrasi ini mengatakan, khusus untuk SMA Negeri 7, Mavelia A C Kusuma, meraih Bronze Medal untuk lomba matematika nasional. (Nasional high school math competition on April 2023) oleh Practo Math Academy.

“Saya juga bangkarena saya sekolah dulu di SMPP Negeri 29 Manado di Rike, sekarang so jadi SMA Neg 7 Manado. Ternyata ada juga prestasi dari SMAN 7 Manado, ” ujar Sompie.

Adapun siswa-siswi peraih medali di kompetisi diantaranya, Syalomita C Sariu siswi dari SMAN 1 Lirung, meraih medali perak pada Olimpiade Sains Pemuda Indonesia (OSPI) Tingkat Nasional Tahun 2023.

Dua siswi SMAN 1 Beo yakni Agnes A Mahda meraih silver winner dan Angel P Essing meraih golden winner untuk National Engslih and Science Olympic by Global House.

Kemudian Immanuela Tampubolon siswi SMAN 1 Tomohon, Juara II Lomba Matematika SMA Tingkat Nasional yang diselenggarakan Practo Match Academy.

Lalu Bernard Dimitri Tasidjawa dari SMA Sekolah Dian Harapan (SDH) yang juga berhasil mendapat Gold Medal dari kompetisi Preliminary Round World Mathematics Invitational (WMI) Tahun 2023.

Selain itu, Marchella Salindeho, Natalia Totomutu dan Jesicha Siby dari SMAN 1 Manado, SMAN 1 Bitung dan SMAS Unklab Manado, belum lama ini berhasil meraih juara tiga beregu dalam perlombaan menembak pada kategori 10m Aur Rifle Women Youth Qualification 2023.

Dari SMAN 9 Binsus Manado juga berhasil mendapat medali. Pertama adalah Ni Gusti Ayu Jati yang meraih medali emas pada Olimpiade Wawasan dan Inovasi Nusantara.

Berikutnya Adeleyda Maria Makalew yang menyabet tiga medali yakni Medali Emas Bidang Kimia SMA/sederajat se-Indonesia oleh Divya Competition 1.0, sebagai Delegasi Terpilih Jalur Fully Funded Inspiring Leader Camp (1 (Latihan Kepemimpinan Tingkat Nasional) oleh Duta Inspirasi Indonesia di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Duta SMA Provinsi Sulawesi Utara oleh Direktorat SMA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022.

Juga ada Marcello Lontokan sebagai Duta SMA Provinsi Sulawesi Utara oleh Direktorat SMA Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022. (Danz*).

Berita Terkait

Komentar