PT. BERITA ISTANA NEGARA

RS Mitra Husada Berikan Perawatan Pasien Sesuai SOP dan Jalin Hubungan yang Baik dengan RSUD 45 Kuningan

Berita Istana - Jumat, 26 Januari 2024 06:36

Kuningan – RS Mitra Husada Berikan Perawatan Pasien Sesuai SOP dan Jalin Hubungan yang Baik dengan RSUD 45 Kuningan

Menanggapi pemberitaan yang beredar diberbagai media, terkait perselisihan antara RSUD 45 Kuningan dan RS Mitra Husada tidaklah benar dan perlu diluruskan.

Hal tersebut di ungkapkan pihak RS Mitra Husada Melalui tim Humas Pihak RS Mitra Husada,Jumat 26/01/2024 kepada awak media di RS Mitra Husada,dan tim Humas pun menyebutkan

“Pihak RS Mitra Husada telah memberikan pelayanan kepada pasien sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku,
Terkait Kronologis kejadian yang beredar di pemberitaan, tidak sesuai dengan kronologis yang sebenarnya.”katanya Tim Humas Mitra Husada

Sambung tim Humas RS Husada terkait keterangan kronologis kejadian “bahwa memang benar ada pasien bernama Tuan S (inisial.red), yang mendapatkan perawatan di RS Mitra Husada, dan pasien tersebut perlu dirujuk atas arahan dari dokter spesialis ke RSUD 45 Kuningan.

kami pun dari pihak RS Mitra Husada telah melakukan komunikasi dengan RSUD 45 Kuningan untuk prosedur rujukan, namun masuk waiting list karena menunggu ruangan yang kosong, karena pada saat itu ruangan masih penuh.

dokter dan perawat di pihak RS Mitra Husada juga telah menjelaskan kepada pasien agar dapat menunggu sampai ada kabar terbaru dari RSUD 45 Kuningan supaya segera dirujuk dengan ruangan yang telah tersedia.

Namun demikian pasien tersebut memilih pulang paksa (Atas Permintaan Sendiri/APS),atas hal tersebut akhirnya pasien tersebut APS dan telah setuju atas penjelasan dokter maupun perawat, lalu pasien tersebut ke RSUD 45 Kuningan sendiri,dan berarti itu sudah diluar tanggungjawab Rumah Sakit Mitra Husada” Ungkap tim Humas Mitra Husada.

Masih tim Humas RS Mitra Husada menjelaskan “bahwa pasien bernama Tuan S (inisial.red) pertama kali masuk ke Rumah Sakit Mitra Husada pada tanggal 16 Januari 2024,dan mendapatkan perawatan di RS Mitra Husada selama satu minggu dan meminta APS pada tanggal 22 Januari 2024 sekitar pagi jam 10.00.

namun demikian, akhirnya pasien tersebut kembali lagi masuk ke RS Mitra Husada sekitar siang jam 14.00 WIB karena menurut keterangan pasien tersebut, ruangan di RSUD 45 Kuningan penuh.

Padahal sebelumnya pihak RS Mitra Husada telah menjelaskan dan memberikan edukasi, bahwa pasien hanya tinggal menunggu agar dapat dirujuk sesuai prosedur yang berlaku.

namun karena keinginan pasien yang meminta APS, akhirnya pihak RS Mitra Husada tidak bisa memaksa pasien. Pada saat itu, akhirnya pasien masuk kembali ke RS Mitra Husada di tanggal yang sama ketika APS yaitu tanggal 22 Januari 2024.

lalu mendapatkan perawatan selama 2 hari sampai tanggal 24 Januari 2024. Karena memang awal mula status pasien tersebut perlu dirujuk, akhirnya pasien tersebut dirujuk ke Rumah sakit lain tanggal 24 Januari 2024 sesuai SOP yang berlaku.”menurut tim Humas RS Husada.

Di tempat yang sama pihak direktur RS Mitra Husada mewakili seluruh jajaran pengurus (manajemen) dan petugas di RS mitra Husada menyatakan, kami dari RS Mitra Husada memohon maaf atas ketidaknyamanan berita yang beredar, tapi ini semua sudah ditelusuri,dan poinnya adalah miskomunikasi,Sampai saat inipun, kami dari pihak RS Mitra Husada masih menjalin hubungan yang baik dengan RSUD 45 Kuningan.

Follow Istana Negara di Google News 

Berita Terkait

Komentar