PT. BERITA ISTANA NEGARA

Strategi Capaian Program Kerja Kesehatan Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar

Berita Istana - Kamis, 22 Juni 2023 07:22

Papua – Strategi Capaian Program Kerja Kesehatan Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar, pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan di Kabupaten, Pegunungan Bintang tahun 2023-2026.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pegunungan Bintang pada hari ini telah menggelar Acara Kegiatan Rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) yang bertemakan ” strategi capaian program kerja kesehatan dalam pemenuhan mutu pelayanan dasar, pada standar pelayanan minimal (SPM) Bidang kesehatan di Kabupaten Pegunungan Bintang th.2023-2026” pada hari Kamis,21 Mei 2023 hingga 23 Mei 2023.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Rakerkesda M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE. mengatakan pada awak media ini ,bahwa ” Kegiatan Rakerkesda dilaksanakan bertujuan untuk mengsingkronkan rencana kerja puskesmas dengan strategi capaian program, yang ramah SPM. Salah satu formulanya yaitu ketua panitia telah berhasil menyusun buku penetapan indikator dan definisi operasional dalam standar teknis pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan di kab. Pegunungan bintang tahun 2023-2026,”ungkapnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Rakerkesda M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE.
Dan untuk menghasilkan sebuah rekomendasi nyata dalam hal ini , dan atas kesepakatan bersama yaitu guna menyusun strategi capaian program kinerja Puskesmas melalui rencana usulan kegiatan Puskesmas dan rencana pelaksanaan kegiatan puskesmas,”ujarnya kembali Ketua Pelaksana Kegiatan Rakerkesda M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE.

Dalam kegiatan acara inipun dihadiri oleh sejumlah para peserta, dan yang hadir dalam acara diantaranya : 32 orang Kepala Puskesmas, 3 orang Kepala Pustu, 35 orang Staff Puskesmas, 30 orang pejabat eselon Ill-lV dan staf dinas di kesehatan, dan juga 21 orang Tamu Undangan, serta 2 orang Tamu dari Provinsi Papua.

Disampaikan pula dalam menggelar acara kegiatan ini , bahwa Pemerintah telah menganggarkan sumber dana tersebut dari DPA-SKPD Dinas kesehatan th.2023 yang bersumber dana Dana Alokasi Umum (DAU).

Ketua Pelaksana Kegiatan Rakerkesda M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE.
Ketua Pelaksana Kegiatan Rakerkesda M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE.

 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan bernama Seperyanus Kakyarmabin. S.Kep.Ns.M.Kes, menyampaikan kepada para peserta dan tamu undangan,bahwa “Kita menekankan kepada seluruh Kepala Puskesmas dan Kepala Pustu di 34 distrik yang melayani 277 Kampung, serta para Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Dinas Kesehatan ,agar bisa berkolaborasi atau menyinkronkan Program Kerja ,agar bisa membuat suatu formula kesepakan bersama dalam menyusun strategi capaian program bagi pelayanan puskesmas, sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM), pada Permenkes No.4 Th.2019. Sehingga pelaksanaan kinerja PKM yg bersumber dari dana BOK Salur tahun 2023 sesuai peraturan yang berlaku,”ungkapnya .

Kemudian Bupati Kab. Pegunungan Bintang yang di wakili oleh Asisten 1 yaitu Nicolaus Uropmabin. SIP.M.Si, menyampaikan pula pesannya, bahwa ” Saya atas nama Bupati Kab. Pegunungan Bintang, Beliau menyampaikan pesannya sangat mendukung atas program kerja dinas kesehatan ini, terutama dengan penyelenggaraan rapat kerja kesehatan daerah, di mana di Provinsi Papua Pegunungan dari 8 Kabupaten, Dinas Kesehatan Pegunungan Bintang adalah merupakan dinas kesehatan pertama yang melaksanakan Rakerkesda,”ujarnya menyampaikan pesan dari Bupati Kab. Pegunungan Bintang.

Lanjutnya,dan harapannya ” supaya Dinas Kesehatan PU. Menjadi yang pertama melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan minimal di lapangan, khususnya di puskesmas yang tersebar di 34 Dist dan 277 Kampung di wilayah Kab. Pegunungan Bintang ini,” ujarnya kembali menyampaikan harapannya.

Kemudian, Beliau Pun menambahkan,bahwa” agar program kerja puskesmas yang diselenggarakan ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan SDM yang ada dalam pelayanan yaitu dengan tetap mengutamakan kearifan lokal, menuju visi Bapak Bupati Kita yaitu menuju Kab. Pegunungan Bintang yang sehat dan cerdas berbasiskan tata ruang dan kearifan lokal,”pungkasnya mengakhiri pesan dan harapannya melalui perwakilannya Asisten 1 Nicolaus Uropmabin. SIP.M.Si. (Red)

Narasumber Pewarta: M. Iriyanto PAWIKA, A.Mkl, SE.

Berita Terkait

Komentar